BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Kenagarian Guguak VIII Koto, kecamatan Guguak, kabupaten Lima Puluh Kota, bakal dipadati ratusan mahasiswa internasional, pada bulan April 2018 mendatang.

“Ratusan mahasiswa itu, terdiri calon dokter, dosen dan dokter spesialis dan para intelektual, dalam rangka pelaksanaan University Social Responsibility (USR) Universitas Baiturrahmah (Unbrah) Padang, “ujar Rektor Baiturrahmah Prof, DR. Ir. Musliar Kasim, MS di hadapan Bupati Lima Puluh Kota H Irfendi Arbi, sejumlah kepala OPD serta wali nagari dan ketua Bamus Kenagarian Guguak VIII Koto, Jumat (5/1).

Dijelaskan Musliar Kasism, sesuai rencana, USR Universitas Baiturrahmah ini, merupakan, kegiatan sosial kemanusiaan untuk pengabdian kepada masyarakat. Direncanakan mulai Kamis sampai Minggu tanggal 19 s/d 22 April mendatang, akan diikuti 500 mahasiwa kedokteran, 8 dokter spesialis dan puluhan dosen dan mahasiswa internasional seperti dari Negara Malaysia. 

Kegiatan bhaksi sosial ini, dilakukan antara lain untuk menumbuhkembangkan rasa`kepedulian dan empati mahasiswa terhadap masyarakat. Selain itu juga buat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk mengenal nagari dan masyarakatnya.

“Dari kegiatan USR ini kita berharap mahasiswa mengenal dan peduli dengan masyarakat. Disamping itu juga berharap agar mahasiswa yang umumnya berasal dari luar Sumatera Barat ini bisa menjadi agen yang mempromosikan potensi di lokasi USR seperti pariwisata ke kempung mereka masing-masing,” jelas Musliar.

Menurut mantan Wakil Menteri Pendidikan RI itu, dalam kegiatan USR ini para mahasiswa benar-benar diharapkan memberikan kontribusi positif ke tengah masyarakat yang antara lain dengan cara memberikan edukasi tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan kepada masyarakat. Ia optimis kegiatan ini akan sukses di kabupaten Lima Puluh Kota karena masyarakatnya mudah menerima perobahan dan wel come terhadap tamu.

“Kami sengaja memilih kabupaten Lima Puluh Kota sebagai lokasi USR Universitas Baiturrahmah karena masyarakatnya betul-betul wel come dengan tamu. Selain itu Bupatinya juga sangat respon dan antusias menerima kami,” aku Musliar.

Tak kalah pentingnya, lanjut Musliar, para mahasiswa peserta USR ini juga ditugaskan memberikan motivasi kepada anak-anak di nagari untuk bisa meraih mimpi menjadi dokter dan cita-cita lainnya.

Sebelumnya Bupati Lima Puluh Kota Ir. H Irfendi Arbi, MP dalam sambutannya mengucapkan terima kasih telah memilih daerah ini sebagai lokasi USH mahasiswa Universitas Baiturrahmah. Ia mengakui masyarakat kabupaten Lima Puluh Kota butuh peran serta berbagai pihak termasuk sentuhan mahasiswa Universitas Baiturrahmah dalam hal masalah kesehatan dan pendidikan masyarakat.

“Kami sangat senang dan berterima kasih telah memilih Lima Puluh Kota sebagai lokasi USR Universitas Baiturrahmah. Kami optimis, kehadiran para calon dokter dan para dokter yang berjumlah sekitar 500 orang itu akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan daerah ini,” tutur Irfendi.

Kendati Lima Puluh Kota telah meraih sejumlah penghargaan nasional di bidang kesehatan seperti bebas penyakit filariasis dari Menteri Kesehatan beberapa waktu lalu, namun daerah ini tetap perlu suport dan masukan dari berbagai pihak termasuk dari perguruan tinggi bidang kesehatan seperti Unbrah.

“Kami butuh pembinaan berkelanjutan dari Universitas Baiturrahmah. Tidak saja sekarang, tahun-tahun berikutnya kami juga berharap kehadiran kegiatan bhakti sosial dari mahasiswa Universitas Baiturrahmah karena kami menyadari masalah kesehatan di daerah ini butuh sentuhan,” jelas bupati. (ada)

google+

linkedin