BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Mantan Kepala Badan Keamanan Laut(BAKAMLA) RI, Laksamana Mayda TNI Dr Desi Albert Mamahit, M.Sc mengatakan, perkembangan dan kemajuan objek wisata di Kabupaten Lima Puluh Kota betul-betul mempesona dan membuat dirinya berserta rombongan berdecak kagum akan keindahan alam didaerah tersebut.

Demikian disampaikan Jendral Bintang Tiga tersebut, ketika beliau dan rombongan berkunjung ke Kabupaten Lima Puluh Kota baru-baru ini. 

Pada kunjungannya ke Kabupaten Lima Puluh Kota Desi Albert Mamahit beserta rombongan menyempatkan berkunjung ke objek wisata Lembah Harau, BPTU Padang Mengatas, serta Fly Over Kelok Sembilan dan didampingi langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota H.Irfendi Arbi.

"Luar Biasa, sungguh sangat indah, ini benar-benar serasa di luar negeri. Saya katakan, daerah disini masih sangat alami. Selain pemandangannya yang sangat indah, udaranya disini sangat sejuk, "ujar Desi Albert Mamahit ketika melihat keindahan alam yang ada di BPTU Padang Mengatas. 

Kesempatan itu, Laksamana Mayda TNI Desi Albert Mamahit juga menyampaikan beberapa masukan dan saran kepada Pemkab Lima Puluh Kota untuk terus mengembangkan destinasi wisata yang ada, sehingga nantinya Lima Puluh Kota menjadi tujuan wisata nomor wahid bagi para wisatawan.

"Jika wisata ini terus dikelola dengan baik, saya yakin Sumbar,  khusunya Lima Puluh Kota akan lebih dicari dan dikunjungi oleh wiasatawan lokal maupun mancanegara,"sambungnya.
Menurutnya, salah satu yang wajib dimiliki disetiap objek wisata adalah, tempat penampungan sampah sehingga tempat wisata yang ada dapat terjaga keindahan dan keasriannya. Selain itu, objek wisata hatus memiliki sebuah lokasi strategis untuk berfoto, sehingga akan menimbulkan kesan dan kenangan bagi wisatawan.

"Dengan menjaga kebersihan maka objek wisata akan terawat, salah satu cara menjaga kebersihan yaitu menyediakan tempat sampah di seluruh objek wisata,"ulasnya.

Sementara itu,  bupati Lima Puluh Kota, Irfendi Arbi mengatakan saat ini Pemkab serius melakukan pengembangan pariwisata di kabupaten Lima Puluh Kota, termasuk pengembangan wisata berkelanjutan.

Menurutnya ada berapa aspek yang menjadi fokusnya kedepan, diantaranya, mendorong kesadaran masyarakat untuk kelestarian lingkungan. Peningkatan kapasitas masyarakat, dan juga peningkatan aspek ekonomi untuk masyarakat.

"Intinya, kita akan terus fokus dalam pengembangan wisata kedepan, sehinga wisata-wisata di Limapuluh Kota menjadi wisata tujuan utama bagi wisatawan dan dengan pengembangan wisata ini akan membuat ekonomi masyarakat kita akan terus meningkat,"ulasnya. (ada)

google+

linkedin