BIJAKONLINE.COM (Pasaman Barat)----Rancangan Prioritas Nagari, Walinagari Talu, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, prioritaskan berbagai pembangunan  dan pemberdayaan untuk masyarakat,  yang notabene mensejahterakan masyarakat dan mengangkat perekonomian masyarakat.

"Benar kita telah merancang berbagai pembangunan dan pemberdayaan untuk tahun 2018, untuk pembangunan dan pemberdayaan, namun ini masih setingkat  rancangan prioritas nagari," kata Walinagari Talu, Anuzul MR, di dampingi Sekretarisnya, Nurli Efendi, pada media Bijakonline.com, Senin  (8/1/2018) di ruang kerjanya.

Dikatakan, rancangan perioritas pembangunan untuk tahun 2018 bidang penyelenggaraan pemerintahan di antaranya, Penetapan tapal batas desa, penetapan tapal ruang desa, penetapan sistem informasi desa, pendataan nagari, perencanaan pembangunan nagari dan penataan nagari.

Bidang pembangunan, akan dulakukan pembangunan lanjutan tahun 2017, yang terbengkalai dan belum maksimal di manfaatkan masyarakat, pembangunan jalan usaha tani perkebunan dan irigasi, pembangunan dan pengembangan objek wisata, pembangunan kantor Bumnag dan pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana desa.

Sedangkan bidang pembinaan, akan di lakukan pembinaan keamanan dan ketertiban, kegiatan pembinaan pemuda dan olahraga, kegiatan pembinaan kerukunan umat beragama, kegiatan pembinaan lembaga adat, kegiatan pembinaan LPMN dan KPMN, kegiatan pembinaan pertanian dan pembinaan kesehatan.

Sementara untuk bidang pemberdayaan diantaranya, akan mereka lakukan peningkatan kualitas terhadap akses pelayanan sosial dasar seperti pengelolaan pelayanan kesehatan masyarakat, pengelolaan kegiatan pendidikan dan kebudayaan.

Juga dilakukan pengelolaan sarana prasarana lingkungan berdasarkan kemampuan teknis dan sumberdaya lokal yanh tersedia, seperti pengelolaan linhkungan perumahan desa dan pengembangan energi terbarukan.

Sementara itu, lanjutnya, akan di lakukan pengelolaan usaha ekonomi produktif serta pengelolaan sarana prasarana ekpnomi produk unggulan nagari, Bumnag, Pemberdayaan bidang wisata dan pelatihan perangkat nagari dan Bumnag.

"Kita berharap ini dapat memberatakan perekonomian masyarakat kita nantinya, sehingga perekonomian masyarakat kita terus meningkat, serta di harapkan anggaran nagari dapat di sahkan secepatny agar berbagai pembangunan  yang ada di nagari dapat dilakukan secepatny," kata mereka (arafat)

google+

linkedin