BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Peningkatan mutu Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kabupaten Sijunjung, Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMA/SMK yang dikoordinir Kasi Pais, Bachtiar bersama Ketua MGMP, Saldi Nafri bersama 37 PAI SMA/SMK melakukan kunjungan study banding dan silaturahim ke kota Payakumbuh, di aula SMPN 1 Payakumbuh, Kamis (11/1).

MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Sijunjung menitik beratkan study banding di Labor PAI SMPN 1 Payakumbuh. Kehadiran MGMP Kab. Sijunjung didampingi langsung Kasi PAIS Kankemenag Kota Payakumbuh, Sri Yusnita bersama Pengawas PAI Sekolah Umum dan disambut penuh ramah tamah keluarga besar SMPN 1 Payakumbuh.

Sebagaimana diterangkan kepala rombongan Kasi PAIS Kankemenag Kabupaten Sijunjung, Bachtiar, kemajuan mengembangkan pendidikan agama dan keagamaan di Payakumbuh sudah terkenal di tingkat provinsi dan nasional.

Kami pilih tempat berstudi banding ke Payakumbuh, karena kota Payakumbuh meraih prestasi pendidikan terbaik di Sumbar termasuk PAI, karena itu kami belajar ke kota Payakumbuh terkhusus di SMPN 1 Payakumbuh. 

“Kemudian, kami mendengar SMPN 1 Payakumbuh Labor Agama berstandar nasional. Terima kasih kepada keluarga besar SMPN 1 Payakumbuh atas sambutannya, termasuk Kepala kankemenag Kota Payakumbuh, “ujar Bachtiar.

“Bak gayung bersambut, Alhamdulillah, Kota Payakumbuh tumbuh bersama prestasi. Prestasi yang diraih berkat dukungan pemerintah, pihak sekolah dan masyarakat melalui komite. Ini adalah Tri Pusat Pendidikan, dan ketiga unsur ini mesti sejalan. Keberadaan Labor Agama di SMPN 1 Payakumbuh sangat menunjang PBM, khususnya PAI. Untuk saat ini, Labor Agama SMPN 1 Payakumbuh adalah Labor Agama satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat. Kita siap membuka diri terkait informasi publik," sambut Desfiwati.

Sementara itu, Ketua MGMP PAI SMA/SMK Kabupaten Sijunjung, Saldi Nafri mengungkapkan rasa kagumnya, wajar Kota Payakumbuh meraih predikat sebagai kota penyelenggara pendidikan terbaik di Sumbar, semua fasilitas beserta penunjang sangat memadai. 

Optimalisasi di Pusat Pendidikan berjalan juga secara optimal, dibantu dukungan pemko dengan program akhlak mulia yang linear dengan program di kankemenag. PBM PAI didukung dengan Labor Agama yang lengkap. Kita impikan, semoga Kabpaten Sijunjung juga bisa memiliki hal ini mendatang. Payakumbuh memang hebat," jelas Saldi Nafri. (ada)

google+

linkedin