BIJAK ONLINE (PADANG)--Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) asal Amerika Serikat Saleema Foundation akan membangun 40 unit rumah untuk keluarga tidak mampu pada satu kawasan, Surantiah, Kabupaten Pesisir Selatan. Pembangunan itu direncanakan akan dimulai pada bulan Maret tahun ini.

Keinginan Saleema Foundation itu disampaikan oleh ketua TP PKK Pesisir Selatan Lisda Hendrajoni pada Senin siang (08/01), melalui sambungan telepon. Dia berharap pembangunan itu sesuai rencana dan berjalan tepat waktu.

“Pihak Saleema berjanji akan memulai pembangunan itu pada Maret tahun ini. Membangun dari awal. Jumlahnya 40 unit. Semoga terealisasi tepat waktu, ya”kata Lisda Hendrajoni ketika dikonfirmasi.

Dia menuturkan saat ini segala persiapan telah dimulai. Kawasan yang dijadikan lokasi yang luasnya mencapai satu hektare sudah dibersihkan warga dengan bergotong royong. Lisda menyebut masyarakat setempat menyambut gembira soal rencana Saleema Foundation tersebut.

“Sepekan terakhir masyarakat warga sudah bergotong royong meratakan tanah yang dijadikan lokasi membangun rumah itu kebetulan berbukit-bukit. Masyarakat sangat bersemangat dan itu kita apresiasi,”ujar Lisda. 

Aktivis perempuan itu menjelaskan bahwa di lokasi tanah seluas satu hektare tidak hanya berdiri 40 unit rumah, tapi juga dilengkapi sarana pendukung. Seperti tempat ibadah, taman bermain, tempat belajar dan ruang publik seperti tempat usaha.

“Kepada kami Saleema juga mengatakan di lokasi itu juga akan dibangun fasilitas pendukung dan ruang publik. Jadi semacam komplek,”terang peraih Manusia Bintang 2017 versi Rakyat Merdeka Online tersebut.

Lisda menambahkan bahwa Saleema Foundation sedari awal memang telah berkomitmen untuk memfokuskan programnya di Pesisir Selatan. Dan saat ini Lisda dan tim tengah mengerjakan enam unit rumah untuk dibedah juga merupakan bagian dari program Saleema.

“Dari awal Saleema telah berkomitmen untuk back up kita soal. Dan sekarang ini kita tengah mengerjakan bedah rumah khusus keluarga yang menderita gizi buruk,”demikian uraian dari Lisda Hendrajoni kepada RMOL Sumbar. (JEF)

google+

linkedin