BIJAK ONLINE (Pasaman)--Sekolah Menegah Atas  (SMA) Lubuk Sikaping  melaksanakan pekan kreativitas, yang kegiatannya  dimulai dari tanggal 19  sampai dengan 21 Januari 2018 mendatang. 

Kegiatan ini merupakan agenda Tahunan yang dilakukan oleh Siswa Kelas Berasrama SMA 1 Lubuk Sikaping yang bekerja sama dengan OSIS SMAN 1 Lubuk SIkaping. Sedangkan bentuk kegiatan yang akan dilombakan di bidang Pendidkan terdiri dari 3 tingkatan, yaitu Tingkat SD se-Kabupaten Pasaman yang meliputi Lomba bidang studi Matematika dan IPA.

Sementara untuk Tingkat SMP/MTs se-Sumatera Barat meliputi lomba di bidang studi Fisika, Biologi, LCT Matematika, English Personal Test (EPT), English Smart Quiz (ESQ), dan Lomba Story Telling, yang terakhir untuk Tingkat SMA/MA se-Sumatera Barat meliputi lomba Pra Olimpiade Matematika ke XIV, Lomba Pra-Olimpiade Biologi ke II serta Lomba English Personal Test (EPT), ungkap Rifki Ramadani selaku Ketua Panitia Pelaksana.

Muhammad Fadli selaku Humas pada acara tersebut mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memotivasi para siswa, agar lebih giat belajar, serta dapat mengembangkan minat siswa terhadap pelajaran matematika, fisika, biologi, bahasa Inggris, dan IPA SD, serta juga dapat menciptakan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan yang lebih pentingnya yaitu menstimulasi siswa untuk menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengarungi era-globalisasi, maupun menjauhkan generasi muda dari Narkoba,ungkap fadli dengan semangat mudanya.

Pada kegiatan Pekan Kreativitas Siswa tahun 2017 kemaren untuk tingkat SD yang meraih Juara Umum serta Piala Bergilir diraih oleh SDN 09 Pauh Lubuk Sikaping, Tingkat SMP/MI Juara Umum serta Piala Bergilir diraih MTsN 1 Pasaman sedangkan untuk tingkat SMA/MA Juara Umum diraih oleh SMAN 1 Padang dan sekaligus mendapatkan Piala Tetap yang telah 3 kali berturut-turut meraih juara umum, Pada Tahun 2018 ini khusus tingkat SMA/MA memperebutkan Piala Bergilir Bupati Pasaman, ungkap Yasa Ewa Demilda selaku sekretaris panitia.

Mengenai pendanaan Pekan Kreativitas Siswa dibantu oleh para alumni Asrama SMAN 1 Lubuk Sikaping, Pihak Sekolah SMAN 1 Lubuk Sikaping serta Pihak III yang sifatnya tidak mengikat, tegas Nurul Afidah selaku Bendahara.

Kepala Sekolah SMAN 1 Lubuk Sikaping Lisman, S.Pd  mengatakan bahwa kreatifitas siswa hendaknya harus terus dikembangkan agar siswa memiliki kemampuan dan kemandirian dalam merespons berbagai peluang dan kesempatan untuk masa depannya.Dan kegiatan ini rencana nya akan di buka oleh Bupati kabupaten Pasaman Yusuf Lubis. 

Lebih lanjut Kepala sekolah menyatakan bahwa membangun kreativitas siswa bukanlah hal mudah karenanya agar setiap sekolah dapat membuka ruang dan kesempatan bagi siswanya, dalam menumbuhkan bakat dan kreativitas siswanya Lakukan pembinaan kreativitas siswa berdasarkan bakat dan kemampuan yang dimilikinya.(Fauzan)

google+

linkedin