TABLOIDBIJAK.COM (Tanah Datar)— Wakil Bupati Kabupaten Tanah Datar,  Zuldafri Darma, bawa rombongan Pemerintah Tanah Datar, mengunjungi  kondisi bocah berusia 8 tahun Syaidah Fajriah yang mendapat  kebutaan mendadak, Rabu, 10 Januari 2018. 

Warga  Nagari Simawang Kecamatan Rambatan, yang sehari-hari dipanggil dengan Sifa, untuk pengobatannya langsung dibantu Pemerintah Tanah Datar.  Gadis cilik berparas cantik warga Jorong Darek Nagari Simawang.

Kondisi yang dialami Sifa tersebut,  beberapa hari belakangan ini menjadi viral di media sosial dan menjadi perhatian publik. Pemerintah Kabupaten Tanah sendiri pun turut mencarikan solusi terbaik bagi Sifa. 

Hal ini terlihat saat Rombongan Pemkab. Tanah Datar dipimpin Wakil Bupati Zuldafri Darma didampingi  Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan BAZNAS Tanah Datar, sengaja datang menjenguk kondisi bocah malang itu. 

Pada kesempatan itu, Zuldafri Darma mengatakan, persoalan dialami keluarga Sifa butuh bantuan semua pihak. Karena itu untuk menyelesaikannya Pemda juga akan duduk bersama membicarakan persoalan Sifa ini.

"Saat ini kita dalam proses pengurusan biaya pengobatan Sifa melalui Jamkesda. Kita juga akan berusaha mencarikan biaya tambahan diluar tanggungan BPJS, jika nanti dilakukan operasi untuk penyembuhan anak kita ini," ujar Wabup. 

Intinya Pemda Tanah Datar akan melakukan usaha semaksimal mungkin untuk melakukan penyembuhan Sifa. "Setidaknya untuk pengobatan anak ini akan membutuhkan biaya sebesar Rp 150 juta mungkin juga lebih, tentulah biaya itu tidak akan ditanggung penuh oleh BPJS. 

Sementara itu, Kadis Kesehatan Tanah Datar Dr. Ermon mengatakan, pihaknya akan melakukan perujukan terhadap Sifa. "yang kita tahu untuk saat ini Sifa mengalami tumor pada otaknya sehingga menimbulkan kebutaan mendadak. “Namun, ini juga perlu kita cari tahu, apa penyebabnya," jelas Ermon. 

Ermon  menambahkan, jika nanti penyebab penyakit diderita Sifa, sudah jelas  Sifa akan dirujuk ke RS M Djamil Padang untuk dioperasi. "Jadi sementara BPJS Sifa diurus, untuk biaya pengobatan akan dibantu oleh BAZNAS Tanah Datar, baik biaya pengobatan alternatif, maupun pengobatan secara medis, serta seluruh biaya yang dikeluarkan oleh pihak keluarga selama pengobatan," sebut Ermon. 

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Nagari Simawang dan Kecamatan Raambatan  serta tokoh Masyarakat setempat yang turut hadir, menyambut gembira kedatanagan Wakil Bupati Tanah Datar, Zulfadri Darma, bersama rombongan dan berharap serta berdoa untuk kepulihan penglihatan Sifa kembali. (Nopil)

google+

linkedin