BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Sebanyak 4.000 orang calon penerima Program Keluarga Harapan (PKH) kota Payakumbuh, dibekali ilmu pengetahuan  tentang kriteria dan apa itu PKH oleh dinas Sosial kepada calon penerima PKH, di aula SMK 2 Payakumbuh, Rabu (7/2).

Disela-sela acara, Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh Idris mengatakan, Kota Payakumbuh menggelar sosialisasi terhadap peserta PKH, tersebut diterangkan tentang seluk beluk PKH. Kepada mereka dijelaskan bahwa PKH adalah program perlindungan sosial yang memberikan bantuan tunai kepada Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM) sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan.

Kriterianya antara lain keluarga yang memiliki ibu hamil/nifas/anak balita, memiliki anak usia 5-7 tahun yang belum masuk pendidikan dasar (anak pra sekolah), anak usia SD/MI/Paket A/SDLB (usia 7-12 tahun), anak  SLTP/MTs/Paket B/SMLB (Usia 12-15), anak 15-18 tahun yang belum menyelesaikan pendidikan dasar termasuk anak dengan disabilitas.

Seluruh keluarga di dalam suatu rumah tangga berhak menerima bantuan tunai apabila memenuhi kriteria kepesertaan program dan memenuhi kewajibannya. “Program ini, dalam jangka pendek bertujuan mengurangi beban RTSM dan dalam jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi, sehingga generasi berikutnya dapat keluar dari perangkap kemiskinan, “ujar Idris. (ada)

google+

linkedin