BIJAK ONLINE (LIMA PULUH KOTA)---Pertarungan hidup memang butuh perjuangan, apapun akan dilakukan demi menghidupi keluarga, asalkan halal untuk menafkahi keluarga. Itulah yang dilakukan oleh Reni (40), sorang ibu-ibu yang berstatus single parent, dia memilih berjualan gorengan demi menghidupi keluarga tercintanya.

Perjuangan Reni dalam berjualan gorengan dimulai tiap sore harinya, tepat didepan masjid didekatrumahnya, di Kenagarian Batu Hampa, Kecamatan Akabiluru. Adapun jenis gorengan yang dijual Reni mulai dari bakwan, tahu isi, tempe, ubi dan goreng pisang, dengan harga hanya Rp1000 untuk satu gorengannya.

"Harga gorengan cuma Rp1000, saya menyesuaikan dengan kantong murid-murid yang mengaji di masjid ditempat saya berjualan. Alhamdulillah walaupun sedikit, tapi untung dari berjualan masih bisa menghidupi keluarga saya, “ujar Reni, saat diwawancarai wartawan beberapa waktu lalu.

Menurut Reni, berdagang gorengan telah lama ia geluti pasca kepergian sang suami menghadap sang pencipta. Dalam sehari ia mengatakan bisa mendapatkan untung lebih-kurang Rp100.000. Namun yang hebatnya dengan untung yang boleh dibilang pas-pasan Reni mampu menghidupi 6 orang anaknya, dan mampu menyekolahkan salah seorang anaknya kejenjang perguruan tinggi.

Sore itu, Bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi yang saat itu menghadiri acara di Kecamatan Akabiluru, tampa disengaja menghampiri lapak jualan Reni yang kala itu sedang asik menggoreng gorengan, dengan wajah yang gembira bercampur haru ia langsung menyambut dan menjabat tangan Bupati.

Begitu mendengar dan melihat langsung perjuangan Reni, tak ayal Bupati, merasa bangga serta memuji perjuangan Reni. Bupati juga  terus memberikan semangat kepada ibu hebat dari Nagari Batu Hampa tersebut.

"Sungguh luar biasa perjungan Reni, ada banyak pelajaran yang bisa kita ambil melihat semangat perjuangan dari seorang ibu ini. Walaupun dia berstatus single parent namun semangatnya untuk menafkahi keluarganya patut kita apresiasi dan kita acungi jempol. Dan yang hebatnya Reni bisa menyekolahkan anaknya sampai kejenjanh perkuliahan,"ujar bupati. 

Dikesempatan itu Bupati tak lupa memberikan sedikit bantuan kepada Reni dan mendoakan ibu tersebut beserta keluarganya agar selalu dalam lindungan sangkuasa. "Reni, iko ado seketek bantuan dari Ambo, mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk manambah-nambah pambali bahan gorengan. Semoga razakinyo makin lancar, panjang umur dan tetap semangat,"ulas Bupati seraya memberi semangat Reni beserta keluarganya.

Hebatnya, disela kunjungannya itu, Bupati juga menyempatkan mencoba membuat gorengan dan mencicipi gorengan yang dijual Reni. (ada)

google+

linkedin