TABLOIDBIJAK.COM (Padang)—Sebanyak empat ratus orang Ketua Badan Musyawarah (Bamus) Nagari dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dari 7 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, mengikuti pelatihan  Koordinasi di 3 Hotel berbintang Kota Padang, Senin, Selasa dan Rabu(5,6,7/2/2018). 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Parovinsi Sumatera Barat, Drs. Syafrizal, MM mengatakan, kejanggalan sosial di negara kita ini, sangat dirasakan di nagari dan desa, melalui pelatihan ini apa yag menjadi nawacita Pemerintaha Jokowi-JK, desa membangun dan membangun desa bisa terwujud.

Syafrizal mengemukan hal itu, dalam sambutannya ketika membuka pelatihan itu di Hotel Bumi Minang, Selasa (6/2/2018). 

Menurut Syafrizal, Bamus dan BPD dengan wali nagari dan kepala desa merupakan ujung tombak nagari dalam membangun untuk kemajuan disegala bidang. Namun pada sisi lain, Provinsi Sumatera Barat, mempunyai nagari dan desa 928 dan nagari persiapan 300 dengan jumlah penduduk 5,7 juta jiwa. 

Ditambahkan Syafrizal, apabila kita melihat kepada Provinsi Nagro Aceh Darus Salam (NAD)  yang mempunyai penduduk di bawah Sumatera Barat, mempunyai desa 6.600, kita bisa bayangkan jumlah dana untuk pembangunan yang dikucurkan pemerintah pusat untuk provinsi tersebut. 

“Diharapkan Bamus dan BPD, sehabis dari pelatihan diberikan peluang untuk merencanakan penataan atau pemekaran bagi nagari atau desa yang berpenduduk 8000 sudah bisa dimekarkan,” ulas Syafrizal yang akrab disapa dengan pak Ucok ini.

Lebih jauh disampaikan Syafrizal, terlaksananya pelatihan ini berkat perjuangan Wakil Ketua DPRD Sumatera Barat, Drs. H. Gusrdi Gaus yang memperjuangkan anggarannya dari dana Pokiran Dewan Pokir Dewan) dalam APBD Parovinsi Sumatera Barat. 

“Kita sangat berterima kasih kepada Guspardi Gaus, sebagai wakil rakyat yang peduli terhadap nagari dan desa,” tukuk Syafrizal lagi. 

Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat, Guspardi Gaus, mengatakan, sengaja memberikan dana Pkir Dewan untuk pelatihan Bamus dan BPD, karena selama ini yang sering diberikan pelatihan hanya wali nagari dan kepala desa, pada hal keduanya saling terkait yang tidak bis adipisahkan.

Pada kesempatan itu Guspardi Gaus juga mengungkapkan, telah 3x periode duduk sebagai anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dan pada Pemilu tahun 2019, mempunyai rencana mencalonkan diri sebagai anggota DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN) 

“Saya sangat berharap dukungan dan bantuan dari Bamus dan BPD pada Pemilu 2019 nanti, dengan harapan supaya lebih banyak dapat memperjuangkan nagari dan desa nantinya,” ujar mantan dosen IAIN IB Padang ini. 

Adapun Bamus dan BPD yang mengikuti pelatihan, Kabupaten Padang Pariaman, Kota Pariaman, Pasaman Barat, Pasaman, Agam, Kabupaten 50 Kota. Sedangkan hotel yang dipakai, Axana, Bumi Minang dan Daima. (amir)

google+

linkedin