TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman) --- Ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno bersama Kepala Dinas Pangan Provinsi Sumbar Efendi lakukan monitoring kegiatan Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kelompok Dasawisma Lilin Desa Kampuang Kandang Kecamatan Pariaman Timur Kota Pariaman, Selasa (6/1/2018) siang.

Kedatangan Ny. Nevi tersebut disambut , Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis didampingi Ketua Dharmawanita Ny. Kartini Indra dan jajaran pengurus PKK. Hadir dalam monitoring tersebut Kepala Dinas Pertanian Kota Pariaman Agusriatman, Camat Pariaman Timur Hendri didampingi Ketua Tim PKK Kecamatan Pariaman Timur, Kades Kampuang Kandang Aguslim dan tokoh masyarakat. 

Ny. Nevi Irwan Prayitno harapkan Penyelenggaraan KRPL ini mengoptimalkan lahan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga dan gizi keluarga mampu membemberdayakan kemampuan kelompok wanita membudayakan pola konsumsi pangan Beragam, Bergizi Seimbang, Aman dan Sehat (B2SAH), termasuk kegiatan usaha pengolahan pangan rumah tangga untuk menyediakan pangan yang lebih beragam.

"Turunnya gejolak ekonomi masyarakat itu disebabkan karena pangan, tetapi karena inflasi daerah mengabatkan semua harga kebutuhan rumah tangga menjadi naik, tinggal para kelompok dasawisma untuk mampu mengoptimalkan lahan pekarangan khususnya lahan pekarangan di depan rumah dengan pemanfaatan sebagai upaya membantu menambah nilai ekonomi keluarga," ujar Ny. Nevi.
Serta, sambung Ny. Nevi mampu sebagai jaminan kesinambungan penyediaan bahan pangan rumah tangga yang berkualitas dan Beragam, Bergizi Seimbang, Aman dan Sehat (B2SAH).

Ny. Nevi memberikan apresiasi dan menilai bahwa Kelompok Dasawisma Lilin Desa Kampuang Kandang telah memanfaatkan bantuan yang diberikan pemerintah yang terlihat dari pemanfaatan pekarangan yang dikelola melalui pendekatan terpadu berbagai jenis tanaman, perikanan sehingga terjamin ketersediaan bahan pangan beraneka ragam secara terus menerus dan mampu memenuhi gizi keluarga.

Sedangkan Ketua TP-PKK Kota Pariaman Ny. Reni Mukhlis menyampaikan bahwa kegiatan KRPL ini sudah digalakkan sejak tahun 2012 sampai sekarang yang bersumber dengan bantuan dana APBN dan APBD Kota Pariaman.

"Hal ini menjadikan Dasawisma menjadi ujung tombak yang mampu berperan strategis dengan sasaran pecapaian 10 program PKK dan program pemerintah. Pemanfaatan lahan pekarangan sangat bermanfaat bagi pemenuhan pangan keluarga yang selalu disupport melalui sosialisasi yang telah digelar oleh PKK Kota Pariaman secara berkelanjutan," ujar Ny. Reni Mukhlis.

Ia menambahkan, alasan dilakukan monitoring di Kelompok Dasawisma Lilin Desa Kampuang Kandang ini, kelompok ini mampu menyeimbangi dengan teknolgi dari hasil tanaman seperti adanya sebuah rumah yang dijadikan tempat pengolahan minuman jahe siap saji yang bermanfaat bagi kesehatan.

Ny. Reni Mukhlis berharap untuk kelompok-kelompok lainnya di Kota Pariaman, hal seperti ini mampu menjadi contoh dalam pengembangan hasil KRPL yang menambah nilai ekonomi keluarga.
Acara di akhiri dengan dialog bersama anggota Dasawisma dan peninjauan demplot pembibitan tanaman sayuran yang merupakan lokasi Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) di Kelompok Dasawisma Lilin Desa Kampuang Kandang Kec. Pariaman Timur Kota Pariaman.[ph/amir]

google+

linkedin