BIJAK ONLINE (Padang)---Makan Bajamba. Itulah salah satu bentuk acara untuk memeriahkan Hari Pers Nasional 2018, di Museum Adityawarman, Kamis, 8 Februari 2018.

Menteri Kominfo RI Rudiantara menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah daerah Sumatera Barat dan jajaranya, dengan  menjadi tuan rumah dalam Hari Pers Nasional 2018.

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyampaikan bahwa makan bajamba merupakan tradisi, makanan adat yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau dengan duduk bersama, artinya mencari kata musyawarah dan mufakat.

"Jadi, bulek aia di pambuluah, bulek kato dimufakaik. Artinya kita musyawarahkan dan mufakatkan baru menjadi satu kesatuan, itulah turunan asli adat Minangkabau," ujar Nasrul Abit sembari menambahkan makan bajamba adalah tradisi masyarakat Sumatera Barat.

Nasrul Abit juga menyampaikan bahwa makan bajamba ada 300 dulang, 1 dulang sekitar 6 orang. Jadi, banyak yang datang sekitar 1.800 orang, karena malam ini hadir sekitar 3000 lebih.

Selain itu, Ketua PWI Pusat Margiono menyampaikan bahwa acara ini bukan hanya istimewa tetapi gila. "Gila karena orang makan segini banyak, saya cek tadi apakah di Sumatera Barat pernah ada makan bajamba seperti ini?, ternyata tidak pernah ada sebesar ini," ujar Margiono sembari menambahkan saya atas nama masyarakat pers menyampaikan penghargaan yang tinggi dan merasa sangat berbangga hati bahwa kami disambut dengan acara luar biasa ini. (fardianto)

google+

linkedin