BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Duta Besar (Dubes) Republik Philippina, H.E Maria Lumen B. Istela mengakui kabupaten Lima Puluh Kota memiliki keindahan alam yang luar biasa. Hal ini, diungkapkannya ketika melakukan kunjungan ke sekolah islam terpadu Fajar Hidayah, Padang Japang, Kecamatan Guguak, kemarin.

"Sumatera Barat memiliki wisata yang indah, saya sudah kunjungi berapa kota disini, termasuk di kabupaten Lima Puluh Kota ini (kemarin, red) benar-benar beautiful,"ujarnya dengan bahasa Indonesia terbata-bata, ketika memberikan sambutan dalam pembukaan Philippin Day di sekolah tersebut.

Untuk itu, dirinya selaku Duta besar Philippina di Indonesia siap untuk menfasilitasi kabupaten itu dalam study wisata di negaranya. "Banyak potensi yang bisa digali, dengan sambutan masyarakatnya yang ramah, seperti ini, kita yakin pariwisata disini akan semakin maju,"tambahnya.

Tidak hanya di bidang wisata saja, Maria juga mengungkapkan kolaborasi dan hubungan di banyak aspec antara dua Negara Indonesia dengan Philippinna ini juga sangat penting.

"Untuk itu, demi membantu dan saling mendukung kemajuan bersama kedua negara,  pemerintah Filipina siap menerima study banding dan berbagi ilmu dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia termasuk masalah pendidikan dan pertanian,"sebutnya.

Sementara itu, bupati Lima Puluh Kota H. Irfendi Arbi dalam sambutannya mengapresiasi Dubes Philippinna, H.E Maria Lumen B.Istela yang berkesempatan hadir ke kabupaten Limapuluh Kota, "ini sebuah kehormatan yang luar biasa, selamat datang di kabupaten Limapuluh Kota, kita memiliki banyak wisata yang indah disini, silahkan mampir disana,"ujarnya menyambut kedatangan Dubes Maria.

Menurut bupati, kedatangan dubes philippina ini akan memberikan pengaruh dan pembelajaran bagi dirinya dalam meningkatkan kerja sama di berbagai sektor, terutama dibidang pariwisata dan pendidikan yang selama ini berjalan dengan baik.

"Mudah-mudahan kedatangan ini dapat meningkatkan kerja sama antar dua negara di berbagai bidang, khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan dan pariwisata nantinya,"tambahnya.

Irfendi menjelaskan, banyak hal yang patut dipelajari di negara Fhilipina, diantaranya kesuksesan negara itu dalam pertumbuhan ekonomi, sehingga Philippina memiliki catatan pertumbuhan ekonomi terbaik di asia. 

"Bagaimana kita bisa mencontoh, fokus mereka dalam memajukan aspek pendidikan, kesehatan, dan infrastruktur umum.Hal ini yang mesti kita pelajari khususnya di kabupaten Lima Puluh Kota,"tambahnya.

Ikut hadir, wakil walikota Payakumbuh, Erwin Yunas, kepala OPD, Camat Guguak, Fiddria Fala beserta pengurus dan siswa sekolah islam terpadu Fajar Hidayah. (ada)

google+

linkedin