BIJAK ONLINE (LIMAPULUH KOTA)---Membaca Al Quran akan memberikan cahaya dan ketenangan dalam rumah tangga. Untuk itu, Al Quran tersebut harus dipahami isi dan maknanya serta diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Karena itu, Al Quran merupakan bacaan yang paling baik bagi seorang mu’min. Tidak saja menjadi amal dan ibadah yang akan diganjar pahala, membaca kitab suci Islam itu juga akan menjadi obat kegelisahan jiwa.

Demikian Bupati Limapuluh Kota H Irfendi Arbi dalam sambutannya dalam acara tebar Al Quran dan shalat subuh berjamaah di Masjid Gadang Sungai Kamuyang Kecamatan Luak, Minggu (11/2).

“Kita berharap setiap rumah memperdengarkan bacaan Al Quran setiap malamnya. Jangan sampai kitab suci itu hanya menjadi pajangan begitu saja. Sebab, membaca Al Quran akan diganjar Allah SWT dengan pahala berlipat ganda,” ungkap Irfendi.

“Kita berharap, Al Quran yang dibagikan hari ini tidak hanya sekedar di simpan, melainkan benar-benar dibaca, dipahami dan dihayati, serta diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan adanya bantuan Al Quran ini, kita berharap terciptanya semangat religius di tengah masyarakat,” ungkap Irfendi.

Lebih lanjut Irfendi mengatakan, dengan rajin mengaji, ia optimis dari daerah ini akan lahir para penghafal Al quran, serta akan menjadikan generasi muda qurani yang beraklak baik. Hal ini sekaligus diyakini akan mampu membentengi  generasi muda dari pengaruh negatif seperti Narkoba dan tindak kriminal lainnya.

“Mari kita galakan gerakan mengaji dan mempertebal keimanan. Kepada paraorang tua, mari kita memotivasi anak-anak kita untuk senantiasa membaca dan memahami Al quran serta meramaikan masjid,” tuntas Irfendi.

Sebelumnya panitia acara Eki dalam laporannya menyampaikan, jumlah Al Quran yang ditebarkan ke tengah masyarakat Sungai Kamuyang sebanyak 302 buah. Pembagian kitab suci ini merupakan program Bunag Sungai Kamuyaang dan bantuan para donatur, masyarakat serta Bupati Limapuluh Kota.

“Program ini lahir sebagai upaya menyikapi semakin berkurangnya kegiatan pengaji di rumah-rumah warga. Awalnya jumlah Al Quran yang akan dibagikan sebanyak 218 buah, ternyata menjelang dibagikan jumlahnya bertambah karena adanya penyumbang lain seperti dari Bupati Irfendi Arbi dan para donatur lainnya,” jelas Eki. (ada)

google+

linkedin