BIJAK ONLINE (Padang)--Olahraga softball yang berasal dari Amerika, adalah salah satu cabang yang termasuk baru diperkenalkan di Indonesia. Sehingga umumnya beberapa orang belum terlalu mengenal dengan cabang olahraga ini. 

Olahraga softball adalah olahraga beregu yang terdiri dari dua tim. Permainan ini diciptakan oleh George Hancock di kota Chicago tahun 1887. Olahraga softball sering diidentikkan dengan olahraga baseball. Meskipun lapangan dan tekniknya terlihat sama, namun sebenarnya olahraga softball dan baseball ini berbeda.

Ada beberapa perbedaan yang terdapat di dalam olahraga softball dan baseball. Perbedaan ini antara lain :
1.Cara melempar bola
Pada olahraga softball, bola dilempar dari bawah ke atas. Sedangkan Baseball dari atas lurus ke arah pemukul (Batter)

2.Jarak pelempar dengan home plate
Jarak pelempar dengan home plate (tempat pemukul) di olahraga Softball lebih dekat dibandingkan dengan olahraga Baseball.

3.Jarak base paths
Base paths pada softball memiliki jarak yang lebih pendek dibandingkan dengan Baseball

4.Ukuran lapangan
Lapangan softball berukuran lebih kecil dibandingkan baseball meskipun bentuknya sama

5.Area pelempar bola
Pada olahraga baseballl terdapat gundukan tanah atau disebut dengan mount, sementara softball tidak ada gundukan. Pada plate, baseball, ketika akan melempar, pitcher dapat menyentuh plate hanya dengan satu kaki. Sementara pitcher softball harus meletakkan kedua kakinya di plate.

6.Ukuran bola
Bola Softball lebih besar dibandingkan bola Baseball. Bola Softball berukuran kurang lebihmemiliki lingkar 11,88 hingga 12,12 inchi dan berat antara 6,25 hingga 7 ons; bola Baseball memiliki lingkar kurang lebih 9 hingga 9,25 inchi dan berat antara 5 hingga 5,25 ons

7.Bats (pemukul)
Pemukul bola Baseball lebih besar dari pemukul bola Softball. Dan kadang pemukul softball terbuat dari bahan-bahan yang berbeda dengan pemukul baseball

8.Pemain
Baseball hanya dimainkan oleh pria, maka kadang disebut dengan hardball. Sementara softball bisa dimainkan oleh wanita dan pria

9.Aturan Permainan
Pada baseball terdapat peraturan stealing base. Artinya jika pemukul telah berhasil mencapai base 1,2 atau 3, maka pada giliran pemukul selanjutnya, pelari yang berada di base dapat meninggalkan base sejauh tiga langkah dan berlari ke base selanjutnya dengan kondisi bola telah lepas dari pelempar. Sementara pada softball aturan ini tidak berlaku, pelari tidak diizinkan meninggalkan base sedikitpun.

Jumlah pemain dalam olahraga softball adalah 9 orang dalam satu regu. Jika terdapat pergantian pemain, maka harus diberitahukan kepada wasit. Pemain yang sudah diganti tidak boleh bermain lagi. Tim yang menjadi tuan rumah (home team) mendapat giliran melempar, sedangkan tim tamu (visitor) mendapat giliran memukul.

Permainan terdiri dari 9 babak yang disebut dengan inning. Dalam satu inning, tim yang bertanding masing-masing memiliki kesempatan untuk memukul (batting) untuk mencetak angka (run). Tim pemukul memiliki tiga kesempatan (out) sebelum giliran memukul digantikan dengan yang bertahan. Tim yang bertahan berusaha agar bola tidak dapat dipukul dengan cara dilemparkan sekencang-kencangnya.

Skor dihasilkan dari seorang pelari yang menginjak semua base secara berurutan dan kembali ke home plate. Setiap pemain yang berhasil melakukannya, mendapatkan satu angka. Lamanya permainan ditentukan oleh inning. Setiap tim memiliki kesempatan memukul sampai 3 kali out dan mematikan lawan 3 kali out, disebut 1 inning.  Dalam tiap pertandingan, setidaknya terdapat 7 inning atau lama waktu 2 jam. Setelah menghabiskan inning, tim yang mencetak angka terbanyak menjadi pemenangnya.

Jika dalam inning yang ditentukan, waktu sudah habis dan hasilnya seri, maka akan diadakan inning tambahan sampai salah satu tim keluar sebagai pemenang.
Perlengkapan yang digunakan dalam permainan softball antara lain :
1.Bola

Bola Softball berwarna putih atau kuning,  terbuat dari kulit. Berukuran kurang lebihmemiliki lingkar 11,88 hingga 12,12 inchi dan berat antara 6,25 hingga 7 ons
2. Bats (Pemukul)


Pemukul dapat terbuat dari kayu atau alumunium. Ukurannya lebih kecil dibandingkan bat baseball.
3. Sarung tangan (Glove)

Glove digunakan oleh pemain bertahan untuk menangkap bola. Sementara first baseman dan catcher menggunakan mitt. (Pada glove terdapat jari, pada mitt tidak)

4. Base dan Home Plate
Base berukuran 38 X 38 cm dengan tebal 5 sampai 12,5 cm. Sedangkan home base IV atau home plate berukuran 43 X 22 cm.

Dalam permainan softball juga dibagi ke dalam tiga tipe :

1.Fast pitch softball, permainan ditentukan oleh pelempar bola. Pelempar melempar bola dengan kecepatan maksimum, serupa dengan baseball. Perbedaan terdapat pada gaya lempar pelempar bola dan cara pelepasan bola. Pelepasan bola terletak di bawah atau sama dari posisi glove.

2.Modified pitch softball atau sering dikenal dengan nama modball. Tujuan utamanya adalah untuk melunakkan aturan-aturan yang dipakai di kategori fast-pitch sehingga pemain-pemain yang belum terbiasa tidak akan terkejut dengan peraturan-peraturan yang "ketat" di sofbol seperti strike zone, jarak antara marka, lamanya permainan dan lain-lain. Kecepatan lemparan pelempar bola dalam modball berada di antara fast dan slow pitch. Kecepatan bola dibatasi dengan putaran lengan melebihi bahu.

3.Slow pitch softball memberikan kemudahan bagi pemukul untuk memukul bola. Pemukul bola diberi bola terus-menerus oleh pelempar bola sampai bisa memukul bolanya. Lemparan pelempar bola pelan melambung. Permainan ini sering dimainkan dalam komunitas sosial sebagaimana sebuah kompetisi, tanpa dibatasi umur dan gender.

Gerak Dasar Permainan Softball




Gerak Dasar Permainan Softball





Sekilas Sejarah Softball

Permainan softball diciptakan tahun 1887 oleh seorang Amerika, bernama George Hancock. Tahun 1906, seorang ahli olahraga bernama Lewis Robert mencoba menyusun beberapa permainan softball. Kemudian softball mengalami perkembangan yang cukup pesat hingga 1916, dan Mattew yang juga seorang guru besar dalam bidang studi olahraga menyempurnakan permainan softball.

Softball pertama kali dipertandingkan di Hills, Chicago tahun 1933. Di Indonesia, permainan ini mulai berkembang pada 1967 maka berdirilah organisasi olahraga softball yang disebut dengan PERBASASI (Persatuan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia). Softball di Indonesia, pertama kali dipertandingkan pada tahun 1973 di PON VIII Jakarta.

Peraturan dan Permainan Softball

Lapangan permainan softball berbentuk bujursangkar dengan ukuran panjang 16,67 meter. Jarak penangkap (catcher) ke tempat pelempar (pitcher plate) yaitu 18,4 meter. Ukuran tempat pelempar berdiri adalah 16 x 15 cm. Permainan ini memiliki 3 base dan base ke 4 langsung dilalui dan merupakan tempat untuk memukul.

Base adalah bantalan karpet dengan ukuran 38 x 38 cm dan tebalnya 12,5 cm. Home baseberukuran 42,5 cm dengan setiap sisi puncak berukuran 30 cm. Perpanjangan garis home base 1 hingga 3 disebut garis batas atau garis sektor. Garis ini dimaksudkan untuk menentukan apakah bola jatuh di dalam atau di luar garis batas permainan.

Perlengkapan Softball

Permainan softball sangat mengutamakan kostum dalam bermain, dengan alasan untuk penyeragaman tim dan membedakan satu tim dengan tim yang lain, di samping itu untuk melindungi tubuh. Di samping kostum, permainan ini juga menggunakan glove, yaitu sarung tangan. Sarung tangan yang dipakai, tentu saja bukan sarung tangan sembarangan, tetapi ada kriterianya. Misalnya, berat glove 283,33 gram. Permainan ini juga menggunakan pelindung muka. Seorang penjaga (catcher) harus menggunakan pelindung muka (masker mask) dan pelindung tubuh (body protector). Adanya pelindung peralatan ini adalah untuk memudahkan dalam teknik permainan maupun untuk keselamatan pemain.

Pemain
Jumlah pemain softball setiap regunya 9 orang. Dari sembilan pemain harus ada yang ditunjuk sebagai kapten regu. Adapun susunan pemain sebagai berikut.
Pemain 1 : pitcher
Pemain 2 : catcher
Pemain 3 : first baseman
Pemain 4 : second baseman
Pemain 5 : third baseman
Pemain 6 : short shop
Pemain 7 : left fielder
Pemain 8 : center fielder
Pemain 9 : right fielder

Gerak Dasar dan Cara Bermain

Gerak dasar dalam permainan softball, tidak jauh berbeda dengan permainan rounders. Bedanya pada variasi lemparan, memukul, dan menangkap.

Teknik Memegang Tongkat

Kayu pemukul dipegang erat dengan dua tangan saling merapat. Sendi antara kedua dan ketiga jari-jari tangan yang di atas segaris dengan pertengahan ruas ketiga jari tangan yang ada di bawahnya.



Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk memegang tongkat/stick softball.
Pegangan bawah: tongkat dipegang dekat bonggol.
Pegangan tengah: tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 2,5 cm/ 5 cm dari bonggol.
Pegangan atas: tongkat dipegang dengan posisi tangan bawah 7,5 cm/ 10 cm dari bonggol.


Cara memukul



Pertama peganglah pemukul tepat pada bagian pegangan kayu pemukul, seperti kita sedang berjabat tangan. Jari-jari rapat melingkar pada kayu pemukul. Langkah-langkahnya, adalah:
sikap badan sedikit membungkuk, diarahkan pada lemparan bola;
kaki sedikit dibuka;
pada akhir pukulan dapat diikuti badan sedikit memutar;
pukulan disesuaikan dengan arah keinginan.

Ada beberapa macam pukulan, yaitu:
pukulan ke bawah;
pukulan menyusur tanah/mendatar;
pukulan melambung jauh ke belakang.


Cara melempar dan menangkap bola




Cara melempar dan menangkap bola pada softball menggunakan alat (glove) dan sarung tangan.

Melempar bola

Tujuan teknik melempar, yaitu melempar bola ke teman atau satu tim dalam bermain. Ada beberapa macam lemparan, yakni:
melempar bola rendah;
melempar bola lurus;
melempar bola tinggi.



Cara melempar bola rendah langkah-langkahnya, adalah:

berdiri menghadap ke arah sasaran, tangan memegang bola, pandangan ke arah sasaran;
gerakkan bersamaan dengan langkah kaki ke depan;
badan membungkuk tangan ke bawah belakang lurus, lemparan bola ke depan menyusur tanah.

Cara melempar bola lurus langkah-langkahnya, adalah:

persiapan berdiri menghadap arah sasaran lempar; kedua kaki dibuka selebar bahu;
posisi badan sedikit tegak;
pandangan diarahkan pada sasaran;
lengan kanan memegang bola dan kaki kiri mendukungnya;
bersamaan dengan langkah kaki kiri, lengan lempar ditarik ke belakang samping kepala dan badan sedikit condong ke belakang;
lempar ke depan lurus kurang lebih meluncur setinggi dada bahu penerima bola yang dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan lempar;
lemparan diakhiri gerak lanjut dari tangan lempar yang diikuti anggota tubuh lainnya.


Cara melempar bola tinggi langkah-langkahnya, adalah:
berdiri menghadap ke arah sasaran;
kedua kaki dibuka selebar bahu, badan agak tegak;
pandangan ditunjukkan pada sasaran lempar;
tangan kanan memegang bola dan tangan kiri mendukungnya;
gerakkan bersamaan dengan langkah kaki kiri ke depan, lentingkan badan ke belakang tangan, lempar diluruskan ke belakang bawah lurus bola diarahkan ke sasaran;
lemparan bola ke atas dengan mengayunkan tangan lempar dari belakang bawah menuju ke atas yang dibantu dengan melecutkan pergelangan tangan lempar;
sikap akhir dengan gerak lanjutan dari tangan lempar lurus ke depan, dibantu dengan gerak anggota tubuh lainnya.


Menangkap bola

Tujuan teknik menangkap bola, yaitu menangkap bola dari teman atau satu tim dalam bermain.



Ada beberapa macam menangkap bola, yakni:
menangkap bola rendah;
menangkap bola lurus;
menangkap bola tinggi.

Cara menangkap bola rendah langkahlangkahnya, adalah:
menghadap ke arah datangnya bola kedua kaki sedikit dirapatkan;
badan dibungkukkan ke depan;
kedua telapak tangan menghadap ke bola membentuk mangkuk.

Cara menangkap bola lurus langkahlangkahnya, adalah:
menghadap ke arah bola datang kedua kaki dibuka selebar bahu dan lutut agak ditekuk;
posisi badan agak condong ke depan kedua tangan dicondongkan lurus ke depan;
kedua telapak tangan menghadap ke arah bola membentuk mangkuk;
gerakan diarahkan pada bola yang datang;
usahakan masuk di antara dua tapak tangan tutup dengan jari-jari dan tarik ke arah dada untuk meredam kecepatan bola.


Mengulurkan dan Melambungkan Bola

Mengulurkan dan melambungkan bola, biasanya dilakukan seorang pelambung (pitchers).Pitchers melambungkan bola di antara bahu dan lutut pemukul bola.

Cara pitcher melempar bola;



Berdiri sikap melangkah, bola dipegang di depan badan, pandangan ke arah pemukul. Tangan yang memegang bola diputar ke atas, ke belakang lalu ke depan. Sebelum tangan kembali ke sikap awal pada saat tangan kanan di samping badan lepaskan bola ke depan dan usahakan ketinggian bola di antara lutut dan bahu pemukul. Akhiri gerakan kaki kanan ke depan, berat badan dibawa ke depan.
bola yang dilemparkan dengan baik, ialah bola yang berada di atas home base di antara lutut dengan bahu si pemukul;

jika bola dilemparkan dengan baik maupun tidak, umpire mengatakan strike. Apabila bola dilemparkan salah, yaitu tidak berada di atas home base antara lutut dan bahu si pemukul, dinamakan ball, bisa juga disebut strike.

Cara Bermain Softball
Regu yang mendapat giliran memukul, setiap pemain mendapat kesempatan 3x memukul. Jika pukulan yang pertama atau kedua sudah baik, pemukul harus segera lari.

Urutan pemukul ditentukan oleh nomor urut yang telah ditentukan sebelum permainan dimulai.
Tiap-tiap base hanya boleh diisi oleh seorang pemain pemukul, di mana pemukul pertama tidak boleh dilalui pemukul kedua dan seterusnya.

Pemain bebas mengadakan gerakan selama bola dalam permainan, kecuali bilapitcher sudah siap untuk melempar bola kepada pemukul.

Pada waktu akan di “tik” pelari tidak boleh menghindar dengan berlari keluar atau ke dalam dari batas yang telah ditentukan.

Strike

Strike akan dihitung bila terjadi hal-hal berikut.
Bola yang dipukul, baik kena atau tidak kena.
Lemparan yang baik (antara bahu dan lutut) tetapi tidak dipukul.
Bola yang dipukul meleset keluar. Apabila pukulan itu terus-menerus meleset, maka akan diulang sampai pukulan tadi baik. Kecuali bila pukulan meleset itu melambung dan tertangkap regu penjaga, maka pemukul itu langsung mati.

Free Walk

Free walk (lari bebas bagi pemukul) diberikan bila terjadi hal-hal berikut.
Pitcher melempar bola 4 x (4x pula melakukan ball atau salah).
Pemukul dihalang-halangi oleh regu penjaga pada waktu akan menuju ke base.
Bila semua base terisi, sedangkan pemukul telah 3x tidak mengenai pukulannya disebabkan pitcher melemparkan bolanya salah terus atau ball.


Cara Mematikan Pemain dan Pertukaran Tempat

Cara mematikan pemain dengan jalan di “tik” sebelum pelari sampai mengenai base. Pertukaran tempat antara regu pemukul dan regu penjaga terjadi bila regu pemukul dinyatakan tiga kali mati.

Cara Mendapatkan Angka

Setiap pelari dengan pukulan yang baik dapat kembali dengan selamat melampaui home base mendapat nilai 1. Setiap pelari yang menuju base harus berada di base tadi dan tidak boleh lewat. Apabila lewat boleh di “tik” kecuali lari pada base yang pertama boleh lewat (tetapi tidak berpura-pura dengan maksud agar langsung ke base kedua). Jika ada bola yang dipukul melambung dan dapat tertangkap oleh regu penjaga, maka si pemukul langsung dinyatakan mati. Para pemain lainnya harus kembali ke base yang semula ditempati dengan cepat agar basenya tidak dibakar. Pemain yang telah dinyatakan mati tidak dapat melanjutkan perjalanannya. Ia harus masuk kotak (tempat yang disediakan) untuk menunggu gilirannya memukul lagi.

Lamanya Permainan

Lama bermain ditentukan dengan inning dan lamanya permainan softball adalah 7 inning. Apabila nilai yang diperoleh masing-masing regu jumlahnya sama selama permainan 7inning itu, maka pertandingan dapat dilanjutkan dengan menambah inning. Dalam peraturan internasional, apabila regu menolak permainan ulang atau inning yang ditetapkan oleh wasit, maka ia dinyatakan kalah dengan angka 0 - 7. (dari berbagai sumber)

google+

linkedin