BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Kakanwil Kemenag Sumbar diwakili Kankemenag Payakumbuh Asra Faber, saat pelantikan kepengurusan Tarbiyah Perti, Minggu (11/2) di lapangan hijau MTI Tabek Gadang, Padang Japang Kecamatan Guguk Kabupaten Limapuluh Kota, mengatakan, pengukuhan kepengurusan Tarbiyah Perti tahun 2018, diharapkan persatuan dan kesatuan kompak untuk menghidupkan kembali marwah Tarbiyah Perti.

Dijelaskan Asra Faber, mari kembali kita bangun umat, sehingga Luak nan Bungsu akan menjadi kiblatnya pendidikan di Indonesia secara umum. Kami dari Kemenag Payakumbuh telah siap memfasilitasi tempat untuk pertemuan berikutnya.

MTI Tabek Gadang sebagaimana kami ketahui sangat berkualitas. Untuk wilayah Sumatera Barat, dulunya ada 3 ponpes/MTI yang mendunia. Lulusannya banyak berkiprah di nasional dan bahkan menjadi tokoh kemerdekaan. MTI tersebut adalah MTI Jaho, MTI Canduang dan MTI Tabek Gadang. 

Mewakili Kepala kankemenag Kota Payakumbuh sampaikan salam maaf dari kakanwil. Menurut rencana, kakanwil kemenag Sumbar akan hadir dalam pengukuhan ini, namun saat ini beliau masih dinas di Jakarta. 

Hal senada juga diutarakan Kepala Kankemenag kabupaten Limapuluh Kota, Ramza Husmen dalam sambutannya sampaikan, Tarbiyah Perti merupakan sebuah organisasi yang bergerak dalam pendidikan, dakwah, sosial budaya yang bekerja tampa pamrih. 

"Dulu pencerdasan kehidupan bangsa di zaman penjajahan adalah melalui MTI yang telah melahirkan banyak tokoh kemerdekaan. Mirisnya sekarang di Kabupaten Limapuluh Kota tinggal 6 MTI saja. Dalam bahasa birokrasinya, Kemenag akan terangkat dengan terangkatnya posisi Tarbiyah,"ulas Ramza Husmen. (ada)

google+

linkedin