BIJAK ONLINE (PAYAKUMBUH)---Bersama rombongan kepala OPD, Walikota Payakumbuh Riza Falepi terjun langsung ke lapangan untuk memastikan semua infrastruktur yang terkait dengan hajat hidup warganya berfungsi dengan baik, Sabtu (10/2). 

Sambil berolahraga sepeda santai, matanya serius memperhatikan setiap ruas jalan yang dilalui. Tepat disamping Hotel Mangkuto kawasan Nan Kodok tiba tiba ia berhenti, rombonganpun ikut berhenti dan memperhatikan saluran irigas. Setelah memperhatikan kondisinya, ia memberi arahan kepada Kabid Pengairan Dinas Pekerjaan Umum Rajab. 

"Tolong irigasi yang berfungsi ganda dengan drainase seperti saluran ini harus jelas perkiraan debit aliran airnya, hitung dengan cermat apakah kapasitasnya masih cukup, supaya nanti kalau curah hujan tinggi kita bisa mengantisipasi agar tidak meluap dan membanjiri sawah warga," kata Wako Riza.

Pagi ini, bersama beberapa kepala OPD saya sengaja bersepeda keliling kota sembari mengecek kondisi warga serta infrastruktur yang ada, agar semua berjalan lancar. pihaknya berusaha secara sigap untuk merespon setiap masalah yang mengemuka di masyarakat. 


"Kita akan selesaikan irigasi Banda Rawang dan irigasi Sintuo Nan Kodok sesegera mungkin yang kemarin sempat diadukan warga setempat, ini saya langsung instruksikan Dinas PU untuk segera menyelesaikannya," sebut Riza. 

Dikatakan, dia sudah minta jajaran Dinas PU dan dinas lain yang banyak mengurusi kebutuhan vital warga untuk rajin turun kelapangan. Dinas PU harus sering turun kelapangan, jangan pake mobil, kalau perlu tiap minggu naik sepeda bersama Wako seperti hari ini, biar masalah di lapangan bisa terlihat secara detail dan diperhatikan.

Bersepeda menjadi kiat baru Walikota Riza Falepi menyapa warga Payakumbuh dan melihat langsung kerja dan kinerja bawahannya dilapangan. 

"Setidaknya dua manfaat bisa saya peroleh dengan bersepeda.  Disamping tubuh sehat, saya bisa langsung cek kondisi lapangan, mendengar aspirasi warga saya, mudah mudahan dengan cara ini pembangunan Kota Payakumbuh bisa lebih efektif, efisien, dan sesuai dengan kebutuhan warga kota," ulas Wako Riza Falepi. (ada)

google+

linkedin