TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)---Sekretaris Daerah Kota Pariaman,H. Indra Sakti, SH, MM lounching penyerahan program Bantuan Sosial (Bansos) Beras Sejahtera (Rastra) bagi masyarakat Kota Pariaman yang kurang mampu di Aula Balai Kota Pariaman, Rabu (7/2/2017).

Penyerahan tersebut disaksikan Perwakilan dari Divre Bulog Sumbar M. Yusuf beserta rombongan dihadiri Kepala Dinas Sosial Afnil,S.Pd, Kepala OPD Pemko Pariaman, Kabag. Kesra Armaizal,  Camat se-Kota Pariaman, Kepala Desa/Lurah,  dan Fasilitator PKH Kota Pariaman.

Indra Sakti dalam pidatonya mengatakan  program penanggulangan kemiskinan merupakan amanat Pembangunan Nasional dan Pembangunan Daerah,   harus kita laksanakan dengan sungguh-sungguh. Agar berhasil, program penanggulangan kemiskinan, seperti halnya program-program pembangunan lainnya, harus kita laksanakan secara sistematis.

"Pada tahun 2016 lalu, jatah Rastra untuk Kota Pariaman adalah sebanyak 3.314 RTS/KK. Sedangkan pada tahun 2017 ini, terdata sebanyak 2.983 RTS/KK, yang berarti ada pengurangan angka kemiskinan sebanyak 331 RTS/KK," ujarnya.

"Dari data jatah penerima Bansos Rastra sebanyak 2.983, untuk kecamatan Pariaman Utara sebanyak 984 RTS/KK, Kecamatan Pariaman Tengah sebanyak 655 RTS/KK, Kecamatan Pariaman Selatan 647 RTS/KK, dan Kecamatan Pariaman Timur sebanyak 697 RTS/KK," tambahnya.

Sekdako mengingatkan pengelolaan Bansos ini harus dilakukan secara profesional, jangan sampai salah sasaran.

Dalam kesempatan itu, Kabag. Kesra  Armaizal mengatakan Bansos Rastra ini dilakukan dari bulan Januari sampai bulan Juli, namun pada bulan Agustus sampai bulan Desember mendatang berubah nama menjadi E-Warung, yang ditukar berupa sembako baik beras, minyak atau gula, yang disediakan di setiap kecamatan.

"Untuk kecamatan Pariaman Utara dengan nama E-Warung Tigo Sapilin di desa Sikapak Barat, kecamatan Pariaman Tengah dengan nama E-Warung Harapan Saiyo di kelurahan jalan Baru, kecamatan Pariaman Timur dengan nama E-Warung Sabiduak Sadayuang di desa Kampuang Baru Padusunan dan kecamatan Pariaman Selatan dengan nama E-Warung Balerang di desa Sikabu ", tutupnya.

Sementara itu, Perwakilan dari Divre Bulog Sumbar M. Yusuf mengatakan Bansos Rastra untuk tahun 2018, merupakan program bansos dalam bentuk beras berkualitas medium kepada KPM dengan jumlah 10 kilogram setiap bulannya tanpa dikenakan harga atau biaya.

Menurutnya, Bansos Rastra tahun lalu dipungut biaya sedangkan  untuk tahun ini gratis bagi penerimanya. Dimana pada tahun lalu, jelasnya ada biaya tebus per kilo sebesar Rp 1.600 dengan per KPM 15 kilogram setiap bulannya Rp 24.000, sedangkan untuk tahun ini per KPM nya 10 kilogram tanpa tebusan atau gratis.

Senada dengan Sekdako, M.Yusuf  juga harapkan dengan Bantuan Sosial (BANSOS) beras sejahtera (RASTRA) ini diharapkan setiap masyarakat yang menerima tepat sasaran dan tidak disalah gunakan.[rika/amir]

google+

linkedin