TABLOIDBIJAK.COM (Kota Pariaman)---Sekretaris Daerah Kota Pariaman, H.  Indra Sakti, SH, MM  serahan sertifikat akreditasi sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA se-Kota Pariaman yang telah habis masa berlakunya pada tahun 2017,  di Halaman Balai Kota Pariaman,  Senin (5/2/2018).

Akreditasi tersebut merupakan suatu sarana untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Kegiatan akreditasi merupakan agenda kegiatan dilaksanakan dari tahun ke tahun Tim dari Asesor Pengawas, Pengawas Sekolah, dan Perguruan Tinggi.

Ketua Unit Pelaksana Akreditasi (UPA) Aljufri,  mengatakan akreditasi sekolah dilaksanakan untuk menentukan kelayakan program dan satuan pendidikan formal maupun non formal. Selain itu, proses akreditasi sekolah dilakukan oleh tim asesor melalui koordinator UPA.

"Proses akreditasi sekolah dilaksanakan tim asesor   merupakan tim penilai difasilitasi BAP Provinsi, tim asesor tersebut sesuai dengan diklat di ikutinya seperti jika tim asesor SMA berati melakukan penilaian di SMA, dan begitu juga dengan tim asesor SMK, SMP dan SD," ujar Aljufri.

Ia menambahkan, selain tim asesor untuk penilaian akreditasi juga ada pengawas sekolah, perguruan tinggi seperti UNP dan UNAND serta Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP)", tambahnya.
Lebih lanjut, Aljufri menjelaskan dalam proses akreditasi sekolah ada beberapa dukumen atau administrasi yang harus disiapkan, dokumen tersebut meliputi delapan standar pendidikan nasional yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan.

"Dari Uraian 8 Standar tersebut terdapat point-point yang nantinya dijadikan Penilaian terhadap sejauhmana kesiapan Sekolah dalam melaksanakan Akreditasi yang tentunya untuk peningkatan Mutu Sekolah dan Mutu Pendidikan," tambahnya.

Akreditasi dilaksanakan Lembaga Pendidikan tiap 5 tahun sekali. Di kota Pariaman pada tahun 2017 ada tujuh sekolah yang mendapat sertifikat akreditasi terdiri dari 6 SD dan 1 SMK yaitu SMK N 2 Pariaman jurusan tata boga.

Sementara itu Koordinator asesor, Dasril melaporkan untuk tahun 2018 sekolah di Kota Pariaman yang akan diakreditasi kembali yaitu tujuh SD, tiga SMP terdiri dari SMP 7, SMP 8, serta SMP 9, Lima SMK terdiri dari SMK 2, SMK 3, SMK 4, SMK BNM Plus. sedangkan yang baru akan diakreditasi pada tahun 2018 adalah SDIT Ibnu Abas dan SMK Global.

"Penilaian akreditasi untuk tahun 2018 dilakukan sekitar bulan Juni nanti, mekanisme dalam penilaian akreditasi sekolah yaitu Dispora atau UPA terlebih dahulu mendata sekolah-sekolah yang ada di Kota Pariaman yang akreditasinya akan habis lalu direkap dan dilaporakan ke Badan Akreditasi Provinsi (BAP) dengan sumber pembiayaan akreditasi dari APBN dan APBD Provinsi," tutupnya.[tim/amir]

google+

linkedin